Universitas Hasanuddin Digaet ASIRPA

E-mail

Di AS, telah lama didirikan sebuah perkumpulan yang dinamakan ASIRPA. Nama komunitas ini merupakan singkatan dari Asian Society International Relations And Public Affair, Indiana, Pensylvania, USA. Ternyata, perkumpulan tersebut didirikan dan beranggotakan warga negara Indonesia. Komunitas ini didirikan dengan misi meningkatkan SDM dan kemajuan perekonomian Indonesia. Warga Indonesia yang belajar di USA akan diberi bantuan untuk beradaptasi serta sejumlah fasilitas kemudahan lainnya. Hal tersebut dijelaskan oleh Presiden ASIRPA, Prof Dr. Kustim Wibowo ketika bertandang ke kampus Universitas Hasanuddin, Senin (14/12) di Ruang Rapat A Gedung Rektorat.

Kunjungan Kustim Wibowo dalam rangka penandatanganan Nota Kesepahaman Kerjasama (MoU) dengan Rektor Unhas Prof. Dr dr Idrus A. Paturusi. MoU yang berisi 11 point tersebut bermaksud menyatukan minat kedua lembaga untuk memajukan sektor pendidikan khususnya pengiriman pelajar Indonesia ke AS. Kerjasama yang berlangsung tiga tahun ini dimaksudkan untuk memberikan kemudahan kepada Staf Pengajar Unhas yang akan melanjutkan pendidikan dan penelitiannya ke AS.

Dalam sambutannya, Kustim mengatakan, sebenarnya Indonesia memiliki kemauan yang kuat untuk berubah. Hanya saja, kurangnya motivasi dan kepercayadirian yang terkadang menjadi penghambat kemajuan tersebut. Karenanya, ASIRPA hadir mengambil peranan untuk menjadi mitra dan mediator untuk kemudahan proses belajar dan penelitian WNI di AS.

”Secara fisik kami memang jauh tetapi kami tetap berjiwa patriotisme untuk berbakti kepada negara kami, Indonesia,” tutur Kustim.

Idrus selaku Rektor Unhas juga berterima kasih atas bantuan pihak ASIRPA untuk pengembangan sektor pendidikan. Dia mengatakan staf pengajar Unhas yang kini berjumlah sekitar 1800 orang ditargetkan untuk memiliki kesempatan belajar dan meneliti ke luar negeri khususnya ke AS.

”Saya kira ini awal dan kesempatan yang sangat baik untuk pengembangan SDM staf pengajar Unhas,” ujarnya.

Hadir dalam pertemuan tersebut antara lain Jajaran Pembantu Rektor, Sejumlah Dekan, Direktur Pascasarjana Unhas, dan sejumlah Guru Besar Unhas.

Usai penandatanganan MoU dengan ASIRPA, Unhas kembali kedatangan tamu dari Direktorat Kesehatan Angkatan Darat. Tak berbeda dengan ASIRPA, kedatangan Dirkes AD tersebut juga dalam rangka penandatanganan kerjasama dengan Unhas untuk sektor pendidikan.

Nota Kesepahaman yang terdiri atas enam pasal tersebut bertujuan untuk kerja sama bidang Akademik meliputi Pendidikan Kedokteran Residen Program Pendidikan Spesialis Kulit dan Kelamin dan Program Pendidikan Spesialis Ortopedi Fakultas Kedokteran Unhas dan Program Pendidikan Spesialis Ortopedi di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto Ditkesad.

Brigadir Jend dr Djoko Riadi Sp. BS mengatakan kerjasama ini bertujuan saling mendukung dan melengkapi untuk kemajuan generasi muda Indonesia.

“Ini merupakan wujud kepedulian kita di bidang pendidikan dengan memanfaatkan sarana dan prasarana yang telah kita miliki,” tuturnya.(Humas Unhas)

http://www.unhas.ac.id/index.php?option=com_content&task=view&id=201&Itemid=1